Cara Instalasi Android di Laptop, Netbook, Ataupun PC

Ingin tahu bagaimana cara menginstall Android OS di PC dan Laptop/Notebook? Nah berikut ini beberapa tips dan langkah cara install OS Android di laptop, netbook atau PC berdampingan dengan Windows (Dual Boot),berikut adalah langkah-langkah penginstalannya :

[./] Boot dari Android-x86 CD instalasi / USB, pilih 'Install Android untuk harddisk' item, seperti yang ditunjukkan di bawah ini

[./] Setelah detik boot, Anda akan melihat pilihan partisi dialog. Anda dapat memilih partisi yang ada untuk menginstal Android-x86, atau Anda dapat membuat atau memodifikasi partisi dengan memilih 'Buat / Ubah partisi'. Catatan Anda dapat menginstal Android-x86 ke disk eksternal seperti USB drive. Jika target drive tidak ditampilkan, coba 'Mendeteksi perangkat'.

[./] Android-x86 dapat berdampingan dengan sistem operasi lain atau data pada partisi yang dipilih. Jika partisi diformat, Anda dapat memilih 'Jangan format' untuk menyimpan data yang ada. Perhatikan jenis yang dipilih harus sesuai dengan partisi id, atau boot loader akan gagal untuk boot.
Juga perhatikan jika Anda memilih untuk memformat ke FAT32, Anda akan melihat peringatan bahwa android tidak dapat menyimpan data untuk FAT32. Anda masih dapat melanjutkan untuk menginstal, namun sistem android yang diinstal akan bekerja seperti sistem cd live. Artinya, semua data akan hilang setelah power off. Oleh karena itu kami tidak menyarankan untuk menginstal Android-x86 ke sebuah partisi FAT32.

[./] Pertanyaan berikutnya adalah apakah untuk menginstal boot loader Grub. Biasanya Anda harus menjawab ya, kecuali jika Anda ingin menginstal boot loader dengan tangan sendiri. Catatan installer boot hanya menciptakan item untuk Android-x86. Jika Anda berharap untuk boot sistem operasi lain, anda perlu menambahkan item ke / grub / menu.lst secara manual. Lihat bagian lanjutan untuk cara melakukannya.

[./] Jika Anda beruntung, instalasi akan dimulai, dan Anda akan melihat progress bar.

[./] Jika Anda melihat layar ini, instalasi selesai. Selamat!. Sekarang Anda dapat menjalankan langsung Andrond-x86, atau Anda dapat reboot dan menjalankannya.

Advanced
Multi-boot

Untuk boot sistem operasi lain, anda harus menambahkan item bagi mereka untuk / grub / menu.lst. Misalnya, untuk boot Windows, tambahkan berikut ini:


Code:
     title Windows

     rootnoverify (hd0,0) rootnoverify (hd0, 0)

     chainloader +1 chainloader +1


Ini mengasumsikan Windows diinstal ke partisi pertama dari hard disk pertama. Atau Anda perlu mengubah rootnoverify ke nilai yang sesuai. Lihat Grub manual for details.
Isu
VirtualBox

Anda harus reboot kalau sudah terinstal, jika tidak, layar akan berkedip. Ini mungkin sebuah bug dari VirtualBox.
VMware

Anda harus mengubah tipe disk virtual Anda untuk menjadi IDE karena tipe default di VMware adalah SCSI, dan Android-x86 kernel tidak dikonfigurasi untuk mendukung SCSI. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:

* Buat mesin virtual.
* Edit pengaturan mesin virtual setelah mesin virtual diciptakan.
* Pilih hard disk dan menghapusnya.
* Tambah hard disk untuk membuat disk virtual yang baru, maka Anda dapat memilih IDE sebagai jenis disk virtual Anda.
* Setelah selesai, Anda dapat menginstal android-x86 normal.

Download

Posted by: Haris Ratno Pambudi
Haris Cyber4rt Blog, Updated at: 13.24

2 komentar:

  1. blog helmie mengatakan...:

    gan os androidnya ko gambarnya rusak gitu,, gimna tuh.. apakh ga suport ato gimna mhon pncrahanya..

  1. Haris Ratno Pambudi mengatakan...:

    iya gan kalo dipake di layar widescreen gambarnya rusak, tapi kalo di monitor CRT bagus kok :)

Poskan Komentar